Nice Home Work (1)


Ini adalah tulisan  pertama di tahun 2017.  Males banget yak kesannya. Gak males kok,cuman kurang meluangkan waktu untuk benar-benar bisa menuliskan apa yang ada di pikiran dan apa yang ada di hati. Hehe. Beberapa waktu lalu, saya mulai kuliah lagi. Ya kuliah jurusan Ibu profesional yang diselenggarakan oleh Institut Ibu Profesional. Saya menyadari,menjadi ibu itu bukan seperti memasak mie instan. Mie instan mah juga perlu proses,tapi prosesnya cuma sebentar saja. Menjadi ibu,prosesnya seumur  hidup.
Materi 1 adalah tentang Adab Menuntut Ilmu. Hmm, ternyata,menuntut ilmu juga ada etikanya. Ada akhlaknya. Akhlak yang akan mengikuti kemana ilmu itu akan masuk ke sanubari. Ada adab pada diri untuk menuntut ilmu,salah satunya adalah ikhlas. Ada adab pada guru, salah satunya adalah tidak mendahului/memotong pembicaraan guru sebelum semua selesai disampaikan. Ada adab terhadap sumber ilmu, salah satunya adalah tidak meletakkan sumber ilmu secara sembarangan. 
Dan, tulisan ini adalah bagian dari tugas 1 materi 1. Nice Home Work (1). 

1. Jurusan yang ingin sekali saya tekuni di Universitas Kehidupan ini adalah tentang segala hal yang berkaitan dengan Keuangan. Saya ingin membantu diri saya dan keluarga saya untuk dapat mengelola keuangan dengan baik. Memanfaatkan uang sebaik-baiknya. Mendapatkan uang sebanyak-banyaknya dengan jalan yang halal dan berkah. Menjadi konselor keuangan muslim terbaik yang pernah dimiliki oleh sejarah (duh jauh banget ya mimpinya). 
2. Alasan terkuat kenapa saya ingin menekuni ilmu tersebut adalah,  sebagian besar kejahatan berawal dari kondisi keuangan yang dimiliki. Saya ingin membantu 30 orang di tahun ini untuk terbebas dari jeratan riba. Riba adalah salah satu pintu kebinasaan juga. Saya pernah mengalami titik terburuk dalam kehidupan saya. Saya ingin anak-anak saya dan generasi muda mempersiapkan kemandirian finansial sedini mungkin.
3. Strategi untuk menuntut ilmu ini, saya akan menyelesaikan pendidikan S2 saya di bidang Psikologi profesi. Sembari itu,saya  mendatangi komunitas2 di sekitar saya untuk memberi layanan edukasi mengenai keuangan dan kondisi psikologis yang menyertainya. Saya membagi ilmu sebanyak yang sudah saya serap dan saya praktekkan. Saya mencatat setiap pengalaman tentang uang di catatan kecil saya untuk memudahkan saya mengenali habit/kebiasaan beruang saya,maupun orang-orang yang saya bantu. Mencari lagi guru-guru kehidupan yang mampu bebas finansial sejak dini. Saya ikut pelatihan STIFIn tematik khusus keuangan, bisnis, HR. Saya ikut mendaftar kelas Financial Planning dan Konselor keuangan4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan besar yang ingin saya lakukan terhadap diri saya adalah, mulai Fokus dan Disiplin dengan apa yang telah ditentukan di awal. 

Bismillaah, semoga Allah meridhoi apa yang telah saya pilih kini. Jauh dengan mimpi-mimpi saya dulu. Hidup mencari kebermanfaatan sebanyak-banyaknya. Untuk diri, keluarga dan masyarakat. 

Be Happy ^_^
Khotimatun Na'imaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat Negatif itu Masih Diperlukan

Primbon Jawa

Anak-anakku, Dunia Mainmu adalah Bersamaku