Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2014

Preman juga Manusia

Beberapa hari terakhir ini lebih sering berkomunikasi dengan seorang mantan preman yang mungkin sampai sekarang masih berjiwa preman. Aku jadi lebih memahami bagaimana kerasnya juga perjuangan hidup mereka. Hei, mereka sebenarnya juga menginginkan kehidupan normal dengan pendapatan yang halal lho.. 
Aku jadi lebih memahami kenapa mereka harus melakukan tindakan-tindakan kekerasan atau penipuan atau perampokan atau penjambretan, bahkan pembunuhan sekalipun. Bukan, bukan karena mereka menginginkan segala akibat dari perbuatan itu, tetapi lebih karena dorongan ekonomi dan faktor pribadi karena pengalaman yang kurang menyenangkan di masa lalu mereka.
Ya, dan akupun mendapat hikmah dari pertobatan orang ini. Ia sungguh sangat mencintai anaknya. Meleleh deh pokoknya..
Well, dont judge the book by its cover yaa...
@aclimber

Tidak Biasa untuk Tidak Tega

Kali ini kita akan bicarakan orang-orang dengan mesin kecerdasan #Thinking. Apa itu mesin kecerdasan? Silakan tengok ke webnya www.stifin.co.id , di situ akan banyak sekali penjelasan mengenai mesin kecerdasan. 
Nah, tipe #Thingking ini katanya raja tega. Aku berusaha untuk memahami kenapa tipe ini bisa setega itu sama orang. Apakah tipe ini tidak sedikitpun memiliki rasa belas kasihan. Woo, yang punya tipe #Thinking jangan protes dulu. Setiap manusia atau setiap tipe pasti punya kelebihan dan kekurangan. Wajar kan sebagai manusia. Nah, khusus tipe ini memang kelemahannya adalah, ia akan tega untuk melakukan tindakan apapun jika hal itu nyaman bagi dirinya. Gak peduli deh perasaan oranglain, atau nasib oranglain nantinya. Ditambah, tipe ini tipe yang angkuh dan enggan menerima kebenaran kecuali yang datang dari pengalaman dirinya sendiri alias keras kepala. Klop sudahlah perpaduan cantik, antara tega, angkuh dan keras kepala. 
Apakah tipe ini gak punya kelebihan? Jelas punya dong... Tip…

Antri ya Bu..

Ini curhatan ibu-ibu yang lagi ngantri untuk beli sarapan.. Tenang saja, tidak akan bikin galau apalagi marahan. Hanya pengen curhat saja kok.. Boleh ya..  Walhasil setiap pagi si ibu penjual nasi itu selalu dikerubuti entah ibu-ibu, anak, bapak-bapak.. Betapa tidak, nasi sayurnya cukup murah meriah untuk lingkungan kami. Menu capcay dua ribu udah bikin kenyang, apalagi lele baladonya yang cuma tigaribuan.  Pagi tadi ada seorang ibu yang datangnya setelah aku datang. Tiba-tiba yang harusnya giliranku, si ibu itu langsung minta untuk dilayani. Pikirku cuma satu, eh ternyata banyak bungkusnya. Weleh, ibu ini juga pake jilbab, bawa anak pula. Mau mengingatkan, wong yo cuma antri nasi. Kalau gak diingatkan, aku yakin pasti berulang. Akhirnya, ya memang gak diingatkan deh. Maklum, udah selesai, dan giliranku untuk dilayani.  Hikmahnya: pengen jadi sabar, maka berusaha untuk bisa antri. Pengen ngasi teladan ke anak, tunjukkin kalau orangtuanya bisa ngantri dengan baik. Your children will see w…

Bukan Selebritis

Judulnya sangat terpengaruh oleh tayangan infotainment. Hehehe, beberapa hari terakhir, sambil menunggu anak sekolah, disambi liat beberapa tayangan infotainment yang secara berurutan tayang di berbagai stasiun televisi. Unik bin ajaib kisah-kisah para selebritis itu. Karir oke, uang pastinya cukup, tenar sudah didapat pula, dan tentu saja kalau mereka berkunjung ke daerah-daerah, fans pasti langsung ngerubutin. Kalau diliat sekilas enak banget yak hidupnya..
Tapi, berita-berita yang muncul tak ubahnya kisah drama yang mereka bintangi sendiri. Baru tiga bulan menikah bercerai, ada yang menikah diam-diam hamil duluan, ada pula sering banget pamerin pacar barunya kala sudah putus. Kawin cerai sudah jadi hal yang biasa. Jadi simpenan para pejabat atau hartawanpun juga menjadi hal yang cukup diminati oleh pelakon itu. Punya mobil mewah tapi banyak utang juga banyak. Well, karena kita bukan selebritis, yang bisa kita ambil hikmahnya adalah kenapa hal-hal yang kita anggap sudah baik, tetapi …

PEREMPUAN BEKERJA, SEBUAH PILIHAN

Mimpi yang Masih Terjaga

Berikut listing mimpi-mimpi saya yang masih terjaga, hidup berawal dari mimpi... 
1. Lulus S2 bulan Desember 2014 2. Umroh 3. Social venture dengan lini klinik terpadu .. Happina Projects :)  .......

Selebihnya, masih banyak, dilanjut nanti deh,,, 
Salam Happi :) @aclimber

Bijak Ber'uang'

Akhir-akhir ini sering merasa bahwa diri ini mera kaya.. ceileh.. betapa tidak, menjadi orang yang tetap berpenghasilan itu ternyata sangat menyenangkan. Berfluktuasi terhadap hati, ego dan kebutuhan-kebutuhan.  Ada seorang ibu dengan lima orang anak dengan suami yang sedang dipenjara, merasakan pahit getirnya bagaimana dalam pencarian nafkahnya hingga harus berjualan sabu-sabu. Ada juga seorang remaja yang dengan sangat mudahnya menghabiskan 25 juta dalam dua bulan, untuk beli barang-barang dan ongkos gaulnya. eh, menemui lagi, eksekutif muda yang dengan sangat gampangnya pindah-pindah kerja dengan sallary yang lebih tinggi. Hukum alam tidak pernah salah. Ada roda yang terus berputar. Soal bagaimana asal usul uang itu diperoleh, soal bagaimana pembelanjaannya, soal bagaimana pengaturannya itu menjadi suatu siklus kehidupan yang tidak akan terlepas dari siapa saja yang masih membutuhkan keberadaan uang. Benar, uang memang bukan segala-galanya, tetapi dengan uang. kita pun dapat memperol…

Hikmah Penundaan

Bertemu dengan teman lama, itu adalah suatu hal yang menyenangkan. Berkisah tentang masa lalu dan segala hiruk pikuknya. Cerita-cerita soal kuliah yang sudah melampaui masanya, membuat kami tertegun bersama. Ia 9,5 tahun menyelesaikan kuliah S1nya, sedangkan diriku hampir 4 tahun untuk menyelesaikan kuliah S2. Sungguh ironi memang. Kami berdua sama-sama merupakan aktivis kampus, suka aktivitas di luar kampus, dan terlihat 'cerdas' di mata orang banyak (ge er dikittttt :D). Nah, efeknya adalah, tugas-tugas yang harusnya dikelarin dengan segera di perkuliahan menjadi tidak fokus lagi.  Kami menyadari bahwa saat itu kami kebanyakan MENUNDA dengan sejuta alasan. Hingga pada akhirnya, kami melakukan pembenaran ... Kalau sudah waktu Nya, pasti terjadi. Kun Fayakun. Oh, Allah merencakan setiap penundaan yang kami lakukan, dan berbuah dengan penyesalan. Namun, penyesalan yang kami rasakan, jika kami tidak mampu mengambil hikmah, jatuhnya adalah kesedihan dan stagnansi alias tidak berkem…

Syawwal

Istiqomah, meningkat. Itu yang seharusnya terjadi setelah Ramadhan. Sesuatu hal yang sudah terlatih di bulan Ramadhan. Puasa, Sholat, sedekah, dan segala aktivitas kebaikan yang terjadi secara terus menerus di bulan suci itu. Kecuali bagi orang-orang yang selama bulan Ramadhan, memenuhi waktunya dengan tidur sepanjang hari dan begadang tak ada arti sepanjang malamnya dengan dalih menunggu sahur. Ya, memang hanya Allah saja yang berhak untuk memberikan penilaian atas segala sesuatu aktivitas yang dikerjakan oleh hambaNya. Tetapi, tidaklah mungkin seorang guru yang akan memberi evaluasi akhir kepada muridnya, tidak memberikan kisi-kisi ujian bukan?
Begitupula dengan Allah, Ia telah beri kisi-kisi ujian kepada kita melalui al Qur'an dan SunnahNya. Dari kisi-kisi itu kita ketahui bagaimana orang yang mendapat nilai baik untuk kelakukannya ataupun nilai buruk untuknya. Begitulah, dan sungguh menyenangkan bila kita bisa memenuhi kisi-kisi yang menghasilkan nilai baik di mata Allah. Deraj…