Harapan Masih Ada


Kamis ini adalah tanggal 16 Mei 2013,artinya sudah bulan kelima dari tahun 2013 dan sudah di pertengahan bulan pula. Hmm… Hal terbaik apa yang sudah kuperbuat??? Kereeennnya Allah, waktuNya yang berlalu dengan cepat, atau akunya yang berjalan melambat?? 

Gak terasa sudah hampir tiga tahun kuliah. Kuliah S2 kok kayak S1.. Hmm... Dulu saat memutuskan untuk mengambil kuliah lagi, tujuanku cuma satu: Ngilangin stress. Gimana gak stress coba, dulu sebelum menikah dan punya anak, keseharianku penuh dengan aktivitas di luar rumah. Aktivitas fisik yang melibatkan daya kreasi untuk terus bergerak. Hingga tiba saatnya, Allah mengkaruniakan padaku dua bayi laki-laki yang mungil, lucu, dan imut.. hoho.. Sehari, duahari, sebulan, tiga bulan, tinggal di rumah, berasa sangaat menyiksa. Tiada dukungan keluarga untuk memberi ASI eksklusif, ditambah perasaan yang entah campur aduk (menurut teori sih kena depresi post partum).

Keputusan untuk mengambil kuliah lagi berdasar atas emosional saat itu, gak mikir gimana biayanya (cuman cukup buat biaya pendaftaran), gimana bagi waktunya, trus mau jadi apa kelak, mau diapain gelarnya, gak ada ide. Hmm, sungguh #OtakSensing yang sangat berjangka pendek. Kelemahan yang kini sangat kusadari dan mulai kuperbaiki. Banyak hal yang akhirnya kukorbankan, anak-anak tidak dapat ASI eksklusif, waktu untuk mereka saat perkembangan berkurang, hidup sangaaat sederhana (kalau  boleh dikata “minus”), dan hubungan keluarga yang menjadi kurang baik.

Dan kini, tinggal 25% saja untuk bisa mencapai garis finish. Ya, aku kudu menyelesaikan apa yang sudah kumulai. Tidak ingin lagi, apa yang telah kukorbankan tidak menjadi suatu hal yang mampu mengkompensasi apa yang telah hilang 2 tahun terakhir. Sia-sia apa yang telah menjadi “tumbal” dalam perjalananku. Tulisan ini untuk mengingatkanku, dan sebagai tamparan pula untukku. “Khotim, harapan masih ada!!”. Tolong, ingatkan selalu kawan dengan tulisan ini. Mengakhiri apa yang telah kita mulai dengan kepasrahan, doa dan upaya terbaik. Doakan aku ya, dan doaku selalu untukmu.  Biarkan teman-teman meninggalkanku  satu persatu, ada orang yang tidak suka denganku, serta hambatan-hambatan lain dalam hidupku,  tapi yang harus selalu kuingat bahwa ada Allah yang selalu menemaniku.

Sebelum September 2013,  kudu kelar semua proses di sini. Selesai. Titik.

Keep Processing :D
@aclimber

Note: Untuk kawan-kawan MAPRO 8 UMS dan yang sedang menyelesaikan ke"MASBUK"annya, mari selesaikan apa yang telah kita mulai, jangan biarkan pengorbanan menjadi kesia-siaan. Loph you all guys… 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat Negatif itu Masih Diperlukan

Anak-anakku, Dunia Mainmu adalah Bersamaku

Primbon Jawa