Rinduku ini Rindu-rindu lalu...

Tulisan ini sy tulis setahun yang lalu..... Nikmatnya merindu.... 


Masa lalu adalah bagian yg tak kan pernah bs lepas dr hidupku. jadiku seperti ini pasti pun ada masa laluku yg menyertainya. ingin kupotong episode yg tak mengenakkan tp merasa tak kuasa untuk melakukannya. dan skrg,aku ingin menikmati masa laluku sejenak. Mengulang semangat,mengulang rasa sedih dan menikmati seseruput hangatnya kisah di masa lalu.. 
Dulu waktu SD kerjaanku hanya bermain di sawah,kebon,kali,masak masakan,mancing,manjat pohon jambu di hlmn rmh budhe,distrap suruh bersihin kamar mandi sekolah karna mbolos dr pelajaran dan nongkrong di lapangan deket rumah sambil menikmati mangga panen,pelit saat ujian karna sdh tau jawababnnya,jajan cilok,biting,arum manis,naik sepeda mini,manjat di pohon waru dpn sekolah pas istirahat,nginep di tmpt pakde tp gk bilang,jam dua pagi minta diantar pulang -haha-,mijetin simbah,dan sangat gembira bila pulang ketemu dg ibu. 
sekarang jaraaaaaang ketemu temen SD... 

Waktu smp,jadi anak rumahan,gak terlalu seneng main,lbh suka nonton tipi,sekalinya naek bis paling jauh ke relasi,jajan di kantin dbw kekelas pas jam,nari tarian cina waktu pensi -ini hal tergila yg pernah kulakukan-,paling manjat ke genteng rumah sendiri waktu malam.. jadi anak baik deh... 
sekarang temen temen SMP gmn kbrnya yak.. kapan reunian lg.. aihhh senengnya yg udh pd sukses,yg belum sukses bljr bareng yuk.. 

Waktu SMA,cuman lima hari di asrama trus pindah ke kelas umum,masih anak mami euy minta disuapin,dikelonin..but,it was the greatest moment in entire of my life.. kenapa? karena saat SMA ini ketemu dg temen temen kece nan keren -haha-,punya bnyk prestasi,jd serjng pulang malem,nongkrong di mana mana,manjat tower bandara,nglanggar peraturan lalu lintas,ngikut kajian gara gara ada cowok keren -sindikat bersama @Imroatul Mahmudah-,ngunciin guru biar gak masuk pelajaran,masuk kelas kalo udah telat,ngerjain pe er di sekolah,jrg bgt belajar,daaan ngrasain apa itu cinta.. yg ini seru ni,cinta pada pandangan pertama dan gak ilang sampai 8 taun menunggu dan mengejar tetep aja tiada hasil sedikitpun -haha- kbrnya gmn ya skrg... yg paling bikin hatiku pagi ini semangat adl saat teringat betapa semangat untk berkompetisi waktu lomba pramuka -sindikat bersama @Odah Zunfrodah,@Kurniawan Sidik,@Muhammad Habibi,@Bayu Ajie,farid,anhar si bapak,agung,dayat,sulis,syam,datik,ipah bebek,ira cilik,ira gedhe,sari ratih,wiwik,almarhum dwi yg akan dan tetap jd sahabat terbaik,adik adik kelas,rina,osep,kasdi,mujib,sanjay,ahmad,titik..#sopo neh yo... kakak kelas,mas mas mbak mbak,dan si emas...... wew- 
teringat bagaimana dl merancang strategi untk pbb,menyusun naskah,bikin resep masakan dr telo,ngusungi kayu,banyu dan perlengkapan kemah taklupa yel yel : piteletetelepatepootelotepootelotebujelpootelotebujel atau minggiro minggiro atau cagak ting ditutuk makting nek ora makting dudu cagak ting ooo waa waa yooo atau lagu pupusnya dewa yg berubah mnjdi lg jawa atau iwak iwak pitik dadi kemripik atau kukuali atau lagu lagu pop yg bs berubah menjadi lagu dangdut berkat sentuhan tgn dingin bos odah pd gendang galon... wow,sungguh rindu setengah mati aku pd mereka...pd masa laluku... 
teringat saat muncak pertama kali di kelas dua SMA,hanya sampai di pos ke empat gunung lawu,almarhum dwi yg selalu menyemangati dg sdkit berbohong -kurang sithik ngkas wes tekan- pdhl iseh jalannnn terusss... atau saat sholat subuh menghadap ke timurr -paraaaaahhh pecinta alam yg buta mata angin- dan baru sadar setelah melihat matahari terbit. atau pd ngruntel dengan odah dan syam saat di merbabu,menikmati tahu kanoman,mie rebus,teh panas,roti tawar yg takberbentuk dan aku menjadi satu satunya cewek di antara para lelaki di tas puncak merbabu.. berpose ala grup band padi bareng zawawi,osep,ali,dul -gmn kbr kalian?- dan bermimpi bisa mengarungi setidaknya lima gunung lagi.. yg pd akhirnya di puncak kelima kali aku belum pernah muncak lagi... ayo cah kapan muncak nehhh??? ajak ajak yo.... 
trus jaman kuliah,ah semakin larut dg dunia organisasi.makin sering pulang pagi -lhohh??- jarang ngobrol dg org tua,udah bljr mandiri,jualan kaos kaki,jajanan,lulur bali,masker,baju batik,pulsa,jd freelancer dimana mana hingga lupa skripsi ampe setahun setengah,sempet nangis gara gara dikhianatin seseorang,sempet ada cinlok dg seseorang -tp gak pernah kesampaian jg- hingga akhirnya menerima lamaran seorang pria yg berani bilang lgsung sm org tua... 
pengen nikah muda biar kalo anaknya sudah gede,ibunya masih muda gitu.. menikah di usia 21,5,telat setahun setengh dr harapan.. punya anak di usia 23,kembar lagi.. how blessings!! tp itu membuat ku jd lalai,depresi dan sempat -unconnected-. hingga menemukan harapan baru -yg lagi-lagi gak kesampaian- 
Bagaimanapun jg,Allah sdh memberiku masa lalu yg terbaik untuk hidupku kini. Ada hikmah,bahwa Allah akan mengujiku beserta kunci jawabannya.. melewati hari kini seolah lebih ikhlas,terserah aku lbh sering menangis,sakit hati,susah payah, tp Allah jg beri aku keceriaan,suka cita,canda tawa,kekuatan,ketangguhan.. aku rindu serindu rindunya dengan segala hal yg terkait dg cerita di masa lalu,merasa bahwa waktu berjalan saaaaangaaaaat cepat tanpa disadari. sangat cepat hingga sempat melupakan saat saat dimana harus kehilangan... sangat cepat melalui 25 tahun ini.. sangat cepat untuk 4 tahun ini... sungguh,aku rindu untuk bs memperbaiki keadaan di masa depan.. rindu bertemu dg org org yg terkait dg masa laluku... dan tulisan ini adalah persembahan untuk mereka yg merasa bahwa masa lalu adalah hal yg berharga dan menjadi bagian dari diri yg fana... 

-rindu-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat Negatif itu Masih Diperlukan

Primbon Jawa

Anak-anakku, Dunia Mainmu adalah Bersamaku