Transpersonal, out of sense


Psikologi transpersonal adalah sebuah istilah untuk ilmu psikologi yang memberi perhatian pada studi terhadap keadaan dan proses pengalaman manusia yang lebih dalam dan lebih luas, sensasi yang lebih besar dari koneksivitas terhadap oranglain dan alam semesta dan sangat berkaitan dengan spiritual. Oleh karena itu, mantapkan diri dengan “spiritualitas” yang sudah dipegang. Secara harfiah, kata transpersonal berasal dari kata “trans”=melewati dan “personal”=pribadi, artinya melewati tingkat personal. Psikologi transpersonal mencakup kajian tentang potensi tertinggi umat manusia dan dengan mengenali, memahami, serta realisasi dari penyatuan spiritual dan melebihi keadaan kesadaran.
Untuk pertemuan kali ini, kita akan membahas tentang kejujuran. Jujur adalah suatu tindakan dimana niat dan tindakan berjalan sejalur dengan apa yang diyakini. Terkadang jujur membawa kita kepada kebaikan yang diselimuti dengan akibat-akibat yang tidak mengenakkan. Itulah sebabnya banyak orang yang menghindari kejujuran agar dapat tetap berada pada kondisi kenyamanan. Termasuk di dalamnya kondisi untuk menerima diri apa adanya. Sering orang tidak mampu untuk bersikap jujur terhadap dirinya, sehingga perlakuan yang diberikan kepada dirinya juga tidak sesuai dengan apa yang seharusnya diterima. Akibatnya, menjadi tidak jujur adalah kebiasaan.
Individu yang mau menerima dirinya adalah individu yang mau menghadapi hidup. Ia mampu menerima dirinya sebagaimana adanya. Ia mampu mengetahui kemampuan-kemampuan positif yang dimilikinya dan pada saat yang sama ia pun juga mampu menerima kelemahannnya dengan sikap yang lebih bijak.
Ada tiga hal yang akan disampaikan untuk pertemuan kali ini:
  1. Latihan pernafasan => konsep syukur.
  2. Latihan penerimaan diri
  3. Latihan Fokus
Latihan-latihan ini dapat dilakukan setiap saat kita memerlukannya. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah suasana lingkungan yang tenang dan nyaman meski dalam kondisi hati yang sedang tidak nyaman. Selain itu, kesediaan diri untuk benar-benar mengikuti instruksi, menjadi syarat mutlat untuk dapat melakukan latihan dengan baik. Mari bersama berdoa agar hidup senantiasa diberi keberkahan dan kelapangan di saat-saat kita mengalami kesempitan. Aamiin.
                Latihan ini dipersiapkan untuk kita yang menginginkan terjadinya perubahan hidup, cara pandang dan menambah keyakinan kita kepada Allah, Sang Pencipta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat Negatif itu Masih Diperlukan

Primbon Jawa

Anak-anakku, Dunia Mainmu adalah Bersamaku