Postingan

Aliran Rasa (Stimulasi anak suka matematika)

Alhamdulillaah, bahagiaa sekali bisa tuntas 11 hari.. Hehe.. karena pas saat itu emak libur kuliahnya.. Hari2 berikutnya tetap lanjut tetapi, hanya mereview hal-hal yang sudah dilakukan bersama Alesha..
Paling seneng sama lagu dan gerak. Memudahkan baginya untuk memahami konsep jumlah.
Alesha bisa mengikuti dan menghitung konsep jumlah dg jari-jarinya.. Emak pun bahagia, karena ngajarinnya juga sambil heppy..
Lets try another challenges.. ๐Ÿ˜˜

Menstimulasi Anak Suka Matematika (11)

Membuat susu
Sejak disapih empat bulan lalu, Alesha kini mengkonsumsi susu formula. Ketika minta susu, maka ia menyodorkan botol, kuminta ia untuk menghitung jumlah sendok takar yg kumasukkan.. 1-3..
Hehe.. Sederhana tapi bahagia ya nduk..

Menstimulasi Anak Suka Matematika (10)

Bermain tepuk
Kalau yang ini untuk koordinasi konsep jumlah dan motorik, jadi awalnya kuminta ia untuk tepuk tangan. Terus tepuk tangan pakai ukuran jumlah. Tepuk satu, maka tepuk tangannya satu kali, tepuk dua, tepuk tangannya dua kali, tepuk tiga, tepuk tangannga tiga kali. Cukup tiga dulu untuk bocah 2.5th.
Dan beberapa kali ujicoba.. belumberhasil.. hehe.. masih tepuk tangan banyak kali.. gpp ya nak, dicoba terus

Menstimulasi Anak Suka Matematika (9)

Kamis ini aku mulai kuliah kembali setelah seminggu libur. Alesha mulai masuk ke daycarenya lagi. Seperti biasa, ketika kutinggal nangislah ia.. hehe.. dan aku mengajaknya bermain tentang jumlah ketika kujemput. Karena jemputnya sedikit overtime, maka kuputuskan untuk mengajaknya shalat Ashar sekalian di mesjid sebelah daycarenya.
Selesai shalat, kuajak ia untuk mengumpulkan daun kering yang udah jatuh, daun gori ya.. atau nangka.. keringnya jadi kaku. Kuminta ia untuk menghitung jumlah daun, dan kuminta hanya membawa tiga daun saja untuk dibawa pulang. Alhamdulillah kok iso pas jumlahnya, naik nih pemahamannya soal konsep jumlah.. Love you girl ๐Ÿ˜˜

Nice Home Work (11)

Gambar
Memanfaatkan Potensi Diri untuk Melayani Agar Pribadi Mampu Mandiri dalam  Kesehatan Jiwa : PJ Rumah Belajar Self-Therapy
Wii, panjang sekali judulnya. Potensi saya dapat bermafaat di komunitas Ibu Profesional Soloraya , selain saya dapat mengembangkan ketrampilan diri di bidang healing, terapi, dan konseling, juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan kesehatan jiwa. Tantangan yang dihadapi khusus di rumbel Self Therapy adalah susunan kepengurusan, karena saya pribadi menyadari bahwa yang bergabung di rumbel ini adalah member yang memang memerlukan pertolongan psikologis.



Hasil Diskusi Poin B

๐Ÿ’

๐ŸงSDM :
1. Sesuai dengan kompetensi dan kapasistas masing-masing
2. Cakap untuk mengelola komunitas
3. Struktur SDM ada dalam infografis

๐ŸSDA :
Hasil bumi masih bisa dimanfaatkan untuk proyek keluarga dan komunitas

๐Ÿš€Tantangan :
1. Jarak lokasi yang menyebar se eks karisidenan

2. Waktu dan energi masing-masing member yang belum bisa dijadiin satu waktu se…

Menstimulasi Anak Suka Matematika (8)

Belanja sayur menjadi alternatif aktivitas yang disukai anak wedok.. hehe.. Pagi-pagi dia kuajak jalan-jalan ke tukang sayur dekat rumah. Kuminta ia memilih buah yang ingin dibeli, ia memilih buah pir dan kuminta menghitung isi seplastik. Kuminta ia hanya mengambil satu tapi nggak mau.. hihi..
Trus, memilih sayuran wortel dan brocoli, kuminta untuk mengambil satu satu, tapi untuk loncang, ia ambil satu tangkup besar.. hehe..
Mulai membayar di kasir.. halah.. dihitung semua buah dan sayur, ia hanya memegang uang 5Ribu, jelas kurang. Untuk itu, kutambahi uangnya. Pulang, ia sendiri yang membawa tas kreseknya. Happy... ๐Ÿ˜˜

Menstimulasi Anak Suka Matematika (7)

Kemarin, ibu ada pertemuan manajemen IIP Soloraya. Awalnya si bocah enggak mau ikut karena dikiranya berangkat sekolah. Hehe.. Di tempat pertemuan ada ruang bermain. Mainlah dia di perosotan. Ah, bahagia .. Naik turun tangga, dengan diiringi dengan hitungan. Pesanan datang, chiken finger jumlahnya lima buah. Kami menghitungnya bersama-sama, sambil menggerakkan jari-jari tangan untuk menunjukkan angka lima. Untuk anak usia 2.5 th, proses yang diulang-ulang akan menetapkan memori informasi ke otaknya. Harapannya bila ada stimulus yang otomatis muncul adalah angka yang diharapkan. Wui, cuma habis separo maemnya.. Gpp lah.. Udah maem.. ๐Ÿ˜